Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Tips untuk belajar bahasa inggris bagi pemula.


  Belajar, namanya juga belajar, pasti ada proses dan hambatannya bukan? 
Kenapa belajar bahasa inggris? well, setiap orang pasti memiliki alasan "mengapa?"
Menurut gue sih, learn English is very important, with english we are connected, English is like a connection that is connecting us(belajar bahasa inggris sangat penting, dengan bahasa inggris kita terhubung, bahasa inggris itu seperti sebuah koneksi yang menghubungkan kita). Gimana enggak, bahasa inggris merupakan bahasa internasional xD.
Oke, lanjut ke Tips. Asumsikan tips ini untuk pemula(pemula banget).

1. Belajar dari Hal yang Basic/Dasar

   Ingat, segala sesuatu itu ada dasarnya, pahami fundamentalnya, baru naik tingkat. Pelajari basic english, materi yang wajib kamu pahami adalah Tenses(so far ada 16 tenses) jika kamu belum sepenuhnya memahami tenses maka dijamin ketika masuk ke materi berikutnya bakal puyeng, ulangi lagi jikalau belum paham. Materi dasar lainnya seperti part of speech, macam-macam kata kerja(verb), benda(noun), dan sifat(adjective), dll.


2. Tunjang dengan Berbagai Suplemen

 Maksud suplemen disini ada "sumber" seperti buku-buku(ingat buku basic english!), aplikasi, dan lainnya. Untuk buku, banyak referensi yang bisa kamu cari di internet. Untuk aplikasi, saya ada beberapa saran yang worth to try!
a. U-Dictionary(app translate yang lengkap banget, sampai ke seluk-beluk kata-katanya, bisa nampilin word di lockscreen, dll. Klik disini untuk lebih lanjut 
b. Color Verb Pro(app untuk menghafal irregular verb(kata kerja yang tidak beraturan seperti steal, stole, stolen.)
c. English Speak Vocalbulary(app untuk meningkatkan skill speaking english)
d. English Listeing(app untuk listening english)


3. Belajar Sambil Bermain

  Iya, belajar bahasa inggris bisa sambil bermain. Bermain disini lebih menekankan kedalam hobi seperti, menonton film, mendengarkan musik, membaca,dll. 
Coba nonton film berbahasa inggris dengan subtitle bahasa inggris, berguna untuk meningkatkan skill speaking. Mendengarkan musik bahasa inggris, coba tulis liriknya sesuai kemampuanmu, lalu bandingkan dengan lirik yang aslinya, hal ini untuk mengasah kemampuan listening. Nah, jika menemukan kosakata yang belum dimengerti, coba tuliskan dibuku kecil lalu cari artinya. Cara efektifnya yaitu coba buat tujuan untuk menambah kosakata 10 kosakata/hari. Kamu juga bisa belajar dari sebuah game/buku/artikel, caranya simple tuliskan kosakata yang tidak mengerti, lalu cari artinya. Rajin-rajin baca artikel inggris juga, contohnya thejakartapost.com(berita Indonesia yang dibumbui bahasa inggris).


4. Cari Teman yang Sama-Sama Belajar
image by Wikihow.com

  Nah, gunanya disini kamu dapat berinteraksi menggunakan bahasa inggris bersama teman, baik itu writing english(lewat chat) maupun speaking english(ketika ngobrol dengannya). Soalnya saya juga kealaman dan efeknya sangat membantu banget.


5. Berlatih Berbicara dengan Diri Sendiri

Berlatih berbicara dengan diri sendiri, kamu bisa berteriak, nyanyi-nyanyi, dll. menggunakan bahasa inggris. Untuk menumbuhkan rasa pede, bisa dengan cara berlatih berbicara didepan cermin, it's work loh! Coba deh sehari-hari biasakan pake bahasa inggris, seperti ungkapan-ungkapan sederhana.

 Anyway, semoga tips ini bermanfaat. Ingat, dalam proses belajar kita harus menikmatinya. 

"Lebih baik belajar perlahan tetapi konsisten daripada belajar banyak tapi jarang dilakukan."

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula"

Posting Komentar

Use good manner! :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel