Pengalaman Ikut Beasiswa Sampoerna University Tahun 2019

Assalamu'alaikum.

  Ane akan men-share tentang pengalaman ane ikut Beasiswa Sampoerna University. Dari awal tahu sampai ikutan test akhir.
Note : Ini asli pengalaman ane ditahun 2018-2019 ya.

  Waktu itu ane duduk dibangku masa-masa akhir SMA :'). Kebetulan kakak kelas ane ada yang nembus ni kampus tahun 2017 lalu. Ane pengen kuliah dapet beasiswa, kebetulan Guru BK waktu itu(akhir tahun 2018) ngasih info tentang mekanisme pendaftaran Beasiswa Sampoerna University. 

Persyaratannya :
Pendaftaran Program Bantuan Pendidikan tahun ajaran 2019/2020 Sampoerna University telah dibuka, bagi yang berminat silakan mengisi formulir terlampir.

Syarat dan ketentuan pendaftaran:
  1. Lulus SMA/Sederajat di tahun ajaran 2018 atau 2019.
  2. Memiliki nilai rata-rata rapor 8,0 dan memiliki nilai minimal 7,5 untuk pelajaran Matematika dan  Bahasa Inggris.
  3. Tidak sedang menerima bantuan pendidikan atau beasiswa dari organisasi manapun.
  4. Wajib melampirkan Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit terdekat.
  5. Lulus  ujian saringan masuk Sampoerna University.
  6. Mengikuti penuh program pemantapan mata pelajaran yang diselengarakan oleh Sampoerna University.
  7. Bersedia untuk tidak menikah selama menempuh perkuliahan di Sampoerna University.
  8. Mengirimkan formulir pendaftaran beserta dokumen pendukungnya.

   Ane ikut aja, awalnya kita disuruh buat akun, lalu nyiapin berkas buat diisii, rapor, dan berkas lainnya(kayak surat pernyataan, keluarga, kondisi ekonomi,dll.) lalu dikirim lewat pos. 


  Setelah itu ada kabar lagi bahwa akan diadakan Ujian Secara Online Tahap 1, untuk testnya fleksibel kita bebas mengerjakannya dimana saja, yang penting nyiapin komputer dan koneksi internet yang memadai. 


Nanti kita akan dikasih instruksi, dan username & password. Waktu tesnya 3 jam, Bahasa Inggris dan MTK. Soalnya ada 100, Bahasa Inggris 70 dan 30 MTK. Oh iya, bahasa pengantarnya Bahasa Inggris ya.
Materi Bahasa Inggris :
Kebanyakan soal cerita(Reading Compherension) yang teksnya panjang-panjaaaang, lalu sastranya kayak benerin kalimat, tatacara written english, dll. 
Materi MTK
Materinya lumayan gampang, MTK dasar. Pelajari aja Aljabar, Persamaan Garis, Garis Singgung, Persamaan Lingkaran, Eksponen, pokoknya MTK dasar banget, enggak susah. 

Setelah itu kelulusan diumumkan lewat email, pada 11 Januari 2019.
Alhamdulillah ane lolos seleksi tahap 1.



 Seneng banget rasanya, Puji Allah SWT. Nah, setelah ini masuk ke tahap terakhir yaitu tes ke-2, FINAL. 
Kita disuruh ngirim berkas lagi, kayak surat-surat pernyataan ikut seleksi, dll.
Test Tahap II ini dilaksanakan tergantung dari jumlah pendaftar di daerah gan, jadi jika semakin banyak yang lolos di daerah agan maka tes akan dilaksanakan di daerah tersebut. Karena di daerah ane sedikit, jadi ane melaksanakan ujiannya di Kampusnya langsung.
   Pada pertengahan Februari ane melaksanakan tes... 
Pihak Sampoerna juga memberi biaya transportasi sebesar Rp. 300.000,- 
Tesnya dilaksanakan pagi-pagi, mekanismenya sama kayak Ujian Tahap pertama, pas ane masuk ke ruangan yang ber-AC deg-degan banget, yang ikut tes disini sedikit 3-5 orang termasuk ane. Gak boleh bawa alat bantu hitung apapun, pas ane ngerjain.. Soalnya lebih sulit daripada tes pertama, yang paling edan itu Bahasa Ingrisnya... Gila soalnya...


Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba, pengumumannya ada juga...


Walaupun pada akhirnya ane enggak lolos seleksi final ini tapi ane sangat senang dan bersyukur karena dapat pengalaman yang indah sekali wkwkwkkw. Oh iya, untuk masalah kelulusan ini perengkingan secara nasional ya. 

Segitu dulu pengalamannya, semoga membantu ya.

UPDATE SEPTEMBER 2019
  Saya dapat panggilan dari Sampoerna University. Katanya kamu lulus diprogram studi pendidikan matematika atau pendidikan bahasa inggris tapi sayangnya saya lebih memilih kedinasan hehe. 



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Ikut Beasiswa Sampoerna University Tahun 2019"

Posting Komentar

Use good manner! :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel