Pengalaman Ikut Bunkasai Bahasa Jepang 2019 Se-Jawa Barat

   Assalamualaikum sob, disini ane mau nge-share sedikit tentang pengalaman ane yang terbilang pengalaman pertama ikut event ini.
   Lomba Bunkasai 2019 adalah perlombaan yang diselenggarakan oleh MGMP Jawa Barat, merupakan acara annual yaang selalu dilaksanakan dengan tempat yang berbeda-beda setiap tahunnya.
Mata lomba yang diadakannya juga cukup banyak, yaitu:
- Rodoku Kontesuto(membaca huruf hiragana dan katakana)
- Desain Charcter
- Shuuji(kaligrafi tulisan kanji)
- Suupichi Kontesuto(paling bergengsi karena pemenang akan dilombakan lagi, dan mendapatkan hadiah utama liburan ke Negeri Sakura)
- Pasuuta Happyou(Poster)
-Cosplay
-Noryouku Shiken(tes kemampuan bahasa jepang)/NOUKEN
-Vocak Group
Dari setiap mata lomba akan dipilih 6 pemenang, acaranya itu one-day-event jadi pelaksanaan lomba sampai pengumuman diselenggarakan satu hari.
  Untuk persertanya buseeet banyak banget, Shuuji aja nembus 100 orang, Nouken 90 orang, dll
Pastinya saingannya satu provinsi. Ane ikutan Nouken, persiapan satu minggu, ane belajar buku yang ada di N5, grammar dasar, kosa kata dasar, dan pelajaran SMA(ane jurusan IPA, ada pelajaran bahasa jepang tapi hanya pas kelas 10).  Alhasil, pas ane ngerjain soal yang keluar semuanya materi SMA ditambah kanji yang dasar banget... ini pengalaman pertama sekaligus terakhir(karena dah kelas 12), hasilnya ane belum bisa menyandang juara.
  Nah ada beberapa tips buat yang ingin mengikuti nouken

1. Pelajari Materi Bahasa Jepang SMA
  Fokusin ngabisin materi SMA! soalnya 95% merupakan materi SMA. Ini juga diluar ekpektasi ane, terkadang kita loncat gitu aja ke jenjang materi yang lebih tinggi(seperti ke N5, N4....dst.) sedangkan yang sederhana aja kita abaikan, nah malahan yang keluar malah yang kita abaikan.
2.Pelajari Kanji Dasar
  Yup, soalnya ada essaynya.. Pelajari kanji yang dasar banget kayak jam, hari, bulan, anggota keluarga, kanji kata kerja yang ada di materi SMA, dan pokoknya kanji dasar...
3. Pelajari Kosa Kata Sehari-hari
  Kosakata yang ada di lingkungan sekitar, kayak benda-benda di sekolah dan rumah. Pokoknya yang dasar-dasar.
4. Pelajari Grammar dasar
Untuk grammar ane saranin belajar grammar yang ada dibuku N5 Bahasa Jepang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Ikut Bunkasai Bahasa Jepang 2019 Se-Jawa Barat"

Posting Komentar

Use good manner! :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel